Souvenir Pernikahan

Membuat Undangan, Cara Membuat Undangan

Membuat undangan adalah salah satu aktivitas yang saat ini mudah dilakukan oleh siapa saja. Dengan bermunculannya toko online undangan pernikahan seperti Dani-Craft, mempermudah pekerjaan yang dulunya cukup susah ini.

membuat undangan

membuat undangan

Mengapa orang Membuat Undangan

Salah satu alasan mengapa orang membuat undangan adalah karena adanya kebutuhan akan undangan itu sendiri. Sesuai dengan asal katanya undangan dibuat untuk mengundang seseorang ke acara yang akan kita selenggarakan. Undangan pernikahan misalnya, dibuat untuk mengundang seseorang ke acara pernikahan.

Mungkin beberapa puluh tahun yang lalu, undangan pernikahan masih merupakan hal yang jarang ditemui. Barangkali ini karena kebiasaan sebagian masyarakat di Indonesia yang lebih senang memuliakan calon tamu dengan mengunjungi langsung dan bertatap muka langsung untuk mengundang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sebagian orang mungkin sadar bahwa cara tersebut semakin sulit untuk dilakukan. Misalnya, karena rumah dari calon tamu yang akan di undang yang mungkin berjauhan satu sama lain. Ditambah lagi dengan kesibukan setiap orang yang lebih mempersulit untuk bisa bertatap muka langsung. Oleh karenanya barangkali hal-hal tersebut yang kemudian memicu orang untuk membuat undangan. Dengan demikian, meskipun tidak dapat bertatap muka secara langsung, orang bisa dengan mudah untuk mengundang kerabat dekat atau sanak saudara ke acara yang diselenggarakan.

Namun begitu, dengan adanya undangan maupun undangan pernikahan, bukan berarti kebiasaan datang bertatap muka untuk mengundang hilang. Untuk acara pernikahan, sebagian masyarakat masih ada yang menyempatkan diri untuk mengundang dengan bertatap muka, karena dengan cara ini, orang yang mengundang tersebut merasa lebih memulyakan calon tamu undangan pernikahan.

 

Bagaimana Cara Membuat Undangan

Jika diklasifikasikan, ada dua macam cara membuat undangan. yang pertama adalah cara membuat undangan lambat dan yang kedua adalah cara membuat undangan efisien.

1. Cara Lambat

Membuat undangan dengan cara lambat adalah membuat undangan untuk orang yang mungkin baru pertama kali belajar membuat undangan. Namun demikian, tentu diantara orang belajar membuat undangan ada yang bisa kemudian cepat. Karena kemungkinan adalah sesuatu yang bisa terjadi. Entah satu diantara seribu orang atau satu diantara seratus ribu orang. Keuntungan membuat undangan dengan cara ini adalah kita bisa mendapatkan ilmu baru. Yakni ilmu membuat undangan. Namun demikian, sesuai dengan slogan ‘no pain no gain’ atau ‘jer basuki mawa bea’ yang keduanya dalam kaitannya dengan belajar membuat undangan ini berarti bahwa ketika kita belajar membuat undangan, tentu ada pengorbanan yang dikeluarkan. Entah itu pengorbanan tenaga, waktu, atau juga biaya. Biaya ini yang mungkin tidak diperhitungkan oleh sebagian orang yang ingin membuat undangan sendiri. Karena dengan belajar membuat undangan sendiri, tentu ada bahan-bahan atau peralatan ekstra yang mungkin tidak terpakai atau terbuang.

2. Cara Efisien

Cara kedua dalam membuat undangan adalah membuat undangan di produsen undangan. Dengan membuat undangan di produsen undangan seperti Dani-Craft, anda bisa menghemat waktu, pikiran dan tenaga. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Ini karena dengan membuat undangan di Dani-Craft, anda tidak perlu lagi memikirkan bahan-bahan apa saja yang perlu di siapkan, alat-alat apa saja yang harus digunakan, dan hal-hal lain yang mungkin akan menyita waktu jika anda adalah orang yang cukup sibuk atau tidak suka buang-buang waktu. Dengan membuat undangan di Dani-Craft, anda bisa menggunakan waktu anda untuk mempersiapkan hal-hal lain terkait dengan acara yang akan anda selenggarakan. Misalnya dalam hal pernikahan, dengan membuat undangan pernikahan di Dani-Craft, anda bisa menggunakan waktu anda untuk berfokus pada hal-hal lain seperti busana, catering, atau persiapan fisik dan mental anda menghadapi acara pernikahan anda.

 

Siapa Saja yang Bisa Membuat Undangan

Anda yang tidak bisa datang ke workshop Dani-Craft, tetap bisa membuat undangan di Dani-Craft dengan cara memesannya lewat berbagai macam cara. Misalnya anda bisa mengirimkan materi undangan yang kemudian bisa kami proses, lantas sebelum di cetak, desain undangan akan kami kirimkan kepada anda untuk anda setujui. Dengan demikian, proses pencetakan undangan bisa berlangsung setelah mendapat persetujuan dari Anda. Setelah selesai, barang bisa dikirim ke alamat anda.

Atau jika anda memiliki teman, kerabat, sejawat, atau keluarga yang ada di Jogja, anda bisa meminta mereka untuk datang langsung ke bengkel produksi Dani-Craft.

 

Apa Saja Undangan Yang bisa di Buat di Dani-Craft

Berbagai macam undangan bisa dibuat di Dani-Craft. Sebagai contoh undangan yang paling umum; undangan pernikahan, undangan khitanan, undangan ulang tahun, undangan aqiqah dan lain-lain. Bahkan sebagian konsumen Dani-Craft memanfaatkan desain dan konsep undangan unik Dani-Craft untuk membuat undangan bagi acara-acara khusus lainnya, seperti undangan temu alumni, undangan wisuda dan lain sebagainya.

 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membuat Undangan

Idealnya, waktu yang tepat untuk membuat undangan adalah 2 bulan sebelum hari H acara diselenggarakan. Pertimbangan utamanya adalah pembuatan undangan memerlukan waktu sekitar 1 bulan, meskipun terkadang bisa 2 minggu. Namun begitu, ada baiknya kita tetap berpedoman pada waktu pembuatan standar. Lantas yang 1 bulan untuk apa? Sisa waktu 1 bulan bisa digunakan untuk pengiriman dan pembagian undangan. Biasanya, untuk undangan pernikahan dibagikan kepada calon tamu undangan sekitar 2 minggu sebelum acara. Ini agar tidak terlalu lama maupun tidak terlalu cepat. Tidak terlalu lama maksudnya agar seseorang tidak lupa kalau ada undangan pernikahan dan tidak terlalu cepat dimaksudkan agar orang yang ingin datang ke acara tidak dadakan. Nah demikian tadi ulasan mengenai cara membuat undangan, semoga bermanfaat.